UAS STRATEGI PERIKLANAN TIPE A


JAWABAN UAS GENAP TA. 2019/2020
Nama                          : M. NASHSYAH
Mata Kuliah              : STRATEGI KREATIF IKLAN
Program                     : MULTIMEDIA KOMUNIKASI VISUAL
Semester                     : 2
Kelas                           : MKV - 101
BentukUjian              : PRAKTEK
Nama Dosen              : KUSMAYANTI, S.E,M.M.
Tipe                            : A



JAWABAN


1.     Strength          : 70% praktek dan 30% teori, lulus langsung kerja, mahasiswa dituntunmenjadi calon pengusaha ataupun bisa bekerja ketika lulus, kuliah cepat dan setelah lulus mendapat kerja, menghasilkan alumni yang kompeten.
    Weakness        : Lulusan D3, masih banyak keraguan dari masyarakat akan garansi luluslangsung kerja,
      Opportunity     : Memiliki banyak relasi, publikasi yang menarik lewat social media.
      Threat             : Banyaknya competitor, system pendidikan vokasi yang mulai diikuti
lembaga pendidikan lain.

2.      A : Iklan menunjukkan headline “Zuper Krunch” dengan tujuan mengiklankan produk burger yang dijual oleh KFC memiliki daging yang krispi atau “crunchy” (renyah/garing) dengan visualisasi burger dengan daging ayam yang digoreng tepung dan sengaja dipotong untuk menunjukkan bahwa daging burger yang dijual adalah 100% daging ayam utuh. Tagline “Kriuknya berasa banget” mengajak calon pembeli untuk membeli dengan memberikan rasa penasaran “seberapa krispi sih burger ini?”. Harga sengaja dibuat besar karena harga adalah sesuatu yang akan dilihat pertama oleh calon pembeli. Baseline memberikan informasi tentang promosi produk kombo dan nomer antar deliveri yang bias dihubungi.

B : Iklan ini lebih memainkan visual dibanding tulisan dan kata-kata yang menjual. Iklan ini tidak memiliki headline tapi tetap menunjukkan logo perusahaan OT (Orang Tua) pada pojok kiri atas. Background sengaja dibuat hanya warna putih agar calon pembeli lebih fokus pada model visual terlebih dahulu. Model mengvisualisasikan sedang menggigit kertas, namun spanduk sengaja dipotong jadi seakan kertas yang digigit model adalah spanduk. Dari visual bias kita artikan bahwa produk pasta gigi Formula ingin menjual produk mereka dengan kelebihan akan memperkuat gigi anda seakan anda bias bias menggigit spanduk iklan jalanan.

3.      MVO    : Kakak senior
FVO     : Rina
SFX      Inspiring backsound

Naskah

MVO    : “Hai Rina. Loh kok muka kamu lesu gitu?”
FVO     : “ Iya nih. Aku bingung kak setelah lulus SMA mau kuliah dimana.”
MVO    : “Loh bingung kenapa? Ooh aku tau, pasti nem kamu jelek ya?”
FVO     : “Ish enak aja. Habis lulus aku sebenernya pengen kerja, tapi ayah mau aku kuliah.Nah aku juga belum tau mau kerja atau kuliah dimana.
SFX       : (Inspiring backsound masuk)
MVO    : “Ga usah bingung, kuliah di LP3I aja. LP3I adalah perguruan tinggi dengan system pendidikan vokasi dimana pendidikannya 70% praktek dan 30% teori. Para mahasiswa dituntut agar kompeten karena setelah lulus para mahasiswa akan mendapatkan kerja oleh LP3I. LP3I juga memberikan bekal untuk kamu yang ingin memulai usaha sendiri.”
FVO     : “Trus kalau kerja sambal kuliah bias ga?”
MVO    : “Oh bisa banget. LP3I juga menawarkan kelas karyawan loh. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut kamu bisa hubungi nomer 081514756666 atau buka pmb.lp3i.ac.id. Jangan lupa, pendaftaran gelombang 3 sudah mau dimulai loh, mulai dari tanggal 1 Juli 2019 sampai 30 September 2019. Jangan sampai ketinggalan.”
FVO            : “Wah kalau gitu aku minta sama ayah kuliah di LP3I aja ah.”

4. 



Comments